Lakukan 10 Hal Ini Untuk Menghemat Memori Internal di Android


Ingin hemat menggunakan Memori Internal pada Andorid anda? Lakukan 10 Hal ini :




1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
Banyaknya aplikasi yang terinstal di android akan memakan memori yang banyak pula. Mungkin saja aplikasi tersebut terinstal dengan sendirinya saat anda baru membeli android, daripada membuat semak di android anda lebih bagus anda uninstal aplikasi tersebut. Bahkan mungkin banyak aplikasi yang tidak pernah anda ketahui apa manfaatnya langsung saja uninstal sehingga yang tersisa adalah aplikasi yang benar – benar anda butuhkan.

2. Hindari menginstall aplikasi dengan fungsi yang sama
Mungkin di android anda ada 2 atau 3 aplikasi dengan fungsi yang sama, misalnya browser di android anda sudah ada, tetapi anda masih mengisntal Chrome, jadi penggunaannya tidak maksimal malah membuat memori menjadi cepat penuh.
Caranya adalah:
- Pilih Settings
- Pilih Apps
- Klik aplikasi yang ingin di uninstal
- Klik uninstall

3. Gunakan memori eksternal


Jika anda hanya masih mengandalkan memori internal untuk meyimpan data kamu di androoid, maka itu tidaklah cukup karena kita selalu menyimpan data. Jadi gunakanlah memori eksternal mulai dari sekarang juga. Memori saat ini sudah sangat besar ukurannya, dimulai dari 2GB – 256 GB pun sudah ada, dan harga Memory Card saat ini relatif murah.

4. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal
Selain anda uninstall aplikasi yang tidak penting, anda juga bisa memindahkan aplikasi yang penting ke memori eksternal. Biasanya yang bisa dipindahkan adalah aplikasi yang anda download dari PlayStore, dan tidak merupakan aplikasi bawaan dari android.
Caranya yaitu:
- Pilih Setting
- Pilih App
- Pilih Tab Moveable
- Langkah terakhir adalah silahkan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan.

5. Pindahkan semua file ke memori eksternal
File yang berupa gambar, musik dan video serta dokumen lainnya seperti pdf dan sebagainya boleh anda pindahkan ke memori eksternal sehingga membuat memori internal lebih ringan. Namun ukuran file yang akan anda pindahkan ke memori eksternal harus mencukupi space memori eksternal anda.

6. Ubah lokasi penyimpanan
Mengubah lokasi penyimpanan merupakan cara yang efektif juga untuk meringankan android anda, bagaimana anda menjadikan memori eksternal sebagai penyimpanan default untuk android anda, misalnya jika anda berfoto maka secara otomatis foto anda disimpan di memori eksternal, atau jika anda ingin mendownload file maka file akan tersimpan secara otomatis di memori eksternal.

7. Jangan menyimpan file yang berukuran besar di android
File yang berukuran besar yang sering kita jumpai adalah video, bisa mencapai ratusan MB bahkan hingga GB. Nah, menyimpan video di android perlu anda hindari, karena hanya menyimpan beberapa video saja kemungkinan membuat memori internal anda sudah penuh.

8. Bersihkan Cache
Sebenarnya file yang berupa Cache tidak terlalu besar ukurannya, namun anda juga perlu membersihkan cache. Fungsi cache biasanya untuk menyimpan pengaturan, history, username dan password pada suatu aplikasi, jadi jika anda menghapus cache bisa jadi aplikasi kembali ke pengaturan default.
Aplikasi yang sering dihapus cachenya adalah browser. Jika kalian belum mengetahui apa itu Cache, silahkan klik Pengertian Cache.

9. Gunakan aplikasi cleaner
Anda bisa menginstal aplikasi cleaner sehingga dapat menjaga dan merawat android anda tetap bersih dan cepat. Android akan menghasilkan junk file (file sampah) proses dari pemakaiannya. Jika file sampah ini tidak dihapus, maka akan terus bertumpuk membuat android menjadi lelet.
Contoh aplikasi cleaner yang ada di PlayStore adalah Clean Master, The Clean, Speed Up Clean, Ccleaner, DU Speed Booster, atau AVG Cleaner dan masih banyak lagi (saya menggunakan DU Speed Booster).

10. Memanfaatkan Cloud Storage
cara menghemat memori internal android

Perkembangan teknologi akan terjadi secara terus menerus. Kemudian smarthone dengan internet merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu kita dapat memanfaatkan Cloud Storage (Penyimpanan Awan) sebagai alternatif baru untuk menghemat memori internal kita.
File – file di smartphone bisa dipindahkan ke Cloud. Cloud Storage yang tersedia di PlayStore adalah Google Drive, Dropbox dan OneDrive.





Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
March 5, 2017 at 12:26 AM ×

Makasih tips nya gan :D

Congrats bro Ramdy Ajie Nugroho you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment