5 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya


Komputer kalian sering Not Responding? kalian sudah mencari tahu apa penyebabnya? jika kalian tidak mengetahuinya, berikut beberapa penyebab komputer Not Responding : 


1. Shortcut yang banyak
tips mengatasi komputer not responding
Shorcut Terlalu Banyak
Shorcut yang berlebihan dan tidak berguna atau jarang diakses pada desktop.
Cara mengatasinya hapuslah shortcut yang tidak penting dan gunakanlah shortcut yang biasaya diakses saja.

Atau jangan menampilkan shorcut tersebut dengan cara:
  • Klik kanan pada desktop
  • Pilih View
  • Hilangkan centang pada Show Desktop Icon
Perhatikan gambar berikut ini:
penyebab komputer not responding

2. Terlalu banyak aplikasi

Komputer akan lambat jika terlalu banyak aplikasi yang terinstal karena proses yang dilakukan semakin berat dan akan mengakibatkan komputer anda Not Responding.


Uninstal aplikasi yang tidak terlalu penting dan berkapasitas besar, dan gunakan aplikasi yang benar -  benar anda butuhkan.

3. Tampilan yang berlebihan
Tampilan yang cantik memang akan menarik untuk dipandang mata, tapi hal ini justru membuat komputer lebih lambat. Contohnya memasang gadget dan menggunakan tema yang 3D dapat mengakibatkan Not Responding.

Hal ini disebabkan semua proses ini akan dilakukan dalam RAM, jika ukuran RAM kecil otomatis tidak akan dapat menampung perintah sebanyak ini

Cara mengatasinya adalah gunakanlah tema yang standar bawaan dari windows (jika menggunakan windows sebagai system operasi) atau untuk system operasi lainnya.

4. Kerusakan Hardware
Not Responding juga terjadi akibat kerusakan pada hadwarenya.
Contohnya jika komputer kita terjadi benturan pada hardisknya maka akan menyebabkan error dan lambat. Kerusakan pada hardware juga akan rentan jika umur komputer anda memang sudah lama. Jadi lakukan perawatan yang baik pada komputer ataupun laptop anda.

5. Kerusakan pada Sistem Operasi
Terjadinya Not Responding bisa disebabkan oleh Sistem Operasi yang rusak atau terinfeksi virus. Cara mengatasinya adalah lakukan scan virus secara rutin atau instal ulang jika kerusakan Sistem Operasi anda sudah parah.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
February 17, 2017 at 5:52 PM ×

kalau ane boleh menambahkan gan berdasarkan pengalaman ane, terjadinya not responding dikarenakan banyaknya aplikasi yg berjalan pada dekstop atau membuka aplikasi berat secara bersamaan. untuk mengatasi hal itu, biasanya ane tutup aplikasi berat yg tidak terpakai.. selain itu juga pada saat membuka mozilla, banyak sekali tab yg ane gunakan.. akhirnya kinerja laptop melambat dan terjadilah not respon.. begitu gan,, mungkin bisa menjadi refrensi buat nambahin artikel agan, krn banyak aplikasi yg di instal berbeda dg banyaknya aplikasi yg berjalan :D

Congrats bro Aldy Augustha you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment