Cara dan Contoh Untuk Membuat Aplikasi Menggunakan Bahasa Java

Hasil gambar untuk bahasa java

Bahasa Java - Untuk kalian yang ingin mempelajari bahasa java dan ingin membuat aplikasi menggunkaan bahasa java, berikut terdapat beberapa cara untuk membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java. 

  • Contoh Program Java : Perhitungan Sederhana 

Program di bawah ini menunjukan bagaimana mendeklarasikan variabel di java, kemudian memanggil variabel untuk diproses hingga menampilkan data data hasil proses aritmatika seperti kali, bagi, tambah, kurang, dan modulus. 

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

package latihan;

public class Latihan {
       public static void main(String[] args) {
           
              // deklarasi variabel
              double panjang = 25;
              double lebar = 10;
              double jumlah;
              double kurang;
              double kali;
              double bagi;
              double modulus;
           
              //proses operasi
              jumlah = panjang + lebar; // operasi Penjumlahan
              kurang = panjang - lebar; // operasi Pengurangan
              kali   = panjang * lebar; // operasi Perkalian
              bagi   = panjang / lebar; // Operasi Pembagian
              modulus = panjang % lebar; //operasi Modulus
           
              //mencetak hasil
              System.out.println("Hasil Penjumlahan    : " + jumlah);
              System.out.println("Hasil Pengurangan    : " + kurang);
              System.out.println("Hasil Perkalian      : " + kali);
              System.out.println("Hasil Pembagian      : " + bagi);
              System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus);
       }

}

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Screenshot Hasil : Perhitungan Sederhana




  • Contoh Program Java : Menghitung Nilai Rata - Rata 
Program di bawah ini merupakan contoh untuk mencari nilai dari 3 bilangan yang dimasukan, masukan bilangan pertama, kedua, dan ketiga kemudian tampilkan hasil dengan tampung semua bilangan kemudian bagi bagi jumlah bilangan tersebut sehingga muncul hasil perhitungan, berikut kode untuk menghitung nilai rata - rata.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

package latihan2;
import java.util.Scanner;
public class scanner_angka {

       /**
        * @param args
        */
       public static void main(String[] args) {
              // TODO Auto-generated method stub
             
              int nilai1, nilai2, nilai3;
              double hasil;
             
              Scanner DataIn = new Scanner(System.in);
              System.out.print("Nilai Ujian Ke-1 : ");
              nilai1 = DataIn.nextInt();
             
              System.out.print("Nilai Ujian Ke-2 : ");
              nilai2 = DataIn.nextInt();
             
              System.out.print("Nilai Ujian Ke-3 : ");
              nilai3 = DataIn.nextInt();
             
              hasil = (nilai1+nilai2+nilai3)/3;
             
              System.out.println("Nilai Rata-Rata      : " + hasil);
       }

}

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Screenshot Hasil : Perhitungan Nilai Rata - Rata 




  • Contoh Program : Menampilkan Data String ( Nama ) 
Program selanjutnya adalah bagaimana cara menampilkan data berupa string di tampilan di program java, dari contoh di bawah ini diimplementasikan penggunaan scanner untuk berfungsi menginputkan data. Berikut kode nya.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

package latihan2;
import java.util.Scanner;
public class scanner {

       /**
        * @param args
        */
       public static void main(String[] args) {
              // TODO Auto-generated method stub
             
              String nama;
             
              Scanner input_program = new Scanner (System.in);
              System.out.print("Masukan Nama Anda: ");
              nama = input_program.nextLine();
              System.out.println("Nama Anda : " + nama);     
       }

}

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Screenshot Hasil : Menampilkan Data String ( Nama ) 

  

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)




 



Previous
Next Post »

25 comments

Click here for comments
Ahmad Fauzan
admin
March 7, 2017 at 7:01 AM ×

Wah menarik juga nih, izin nyoba-nyoba sambil belajar
thnaks

Reply
avatar
Bartolomeong
admin
March 7, 2017 at 7:07 AM ×

Walaupun masih basic dan simple.. agak susah juga yah utk dipelajari.

Reply
avatar
March 7, 2017 at 7:27 AM ×

mau coba main main java tapi ngga ada yang membimbing dari awal dan bukan basic ane. tapi ini boleh di coba,

Reply
avatar
March 7, 2017 at 7:39 AM ×

Yah paham sih iya tp mraktekinya susah kalo gak ada yg membimbing

Reply
avatar
Pan
admin
March 7, 2017 at 8:29 AM ×

Nice Info gan sangat bermanfaat

Reply
avatar
Pan
admin
March 7, 2017 at 8:29 AM ×

Nice Info gan sangat bermanfaat

Reply
avatar
March 8, 2017 at 6:44 AM ×

ane lagi belajar ini gan smk kelas 1 ambil RPL. Membantu banget

Reply
avatar
Mi Chan
admin
March 8, 2017 at 6:49 AM ×

Membantu bang infonya heheh

Reply
avatar
Reza Nandika
admin
March 8, 2017 at 7:03 AM ×

good info, ijin praktek ya

Reply
avatar
AGymnastiar
admin
March 8, 2017 at 7:07 AM ×

wahh langsung bisa di praktekan nihh

Reply
avatar
March 8, 2017 at 7:12 AM ×

nice info min. bisa langsung praktek ni.

Reply
avatar
Renaldi
admin
March 8, 2017 at 10:40 AM ×

Kodenya mudah dimengerti sama orang awam seperti gue ini, sangat membantu banget, request bahasa pemrograman boleh bang? :D

Investasi Apartemen di Signature Park Grande Oleh Pikko Group

Reply
avatar
Wahyu D
admin
March 8, 2017 at 7:46 PM ×

Mntep gan gak susah " amat ya buatnya

Reply
avatar
March 9, 2017 at 5:30 AM ×

Boleh di coba nih gan,siapa tau bisa ngembangin versi lain,makasih

Reply
avatar
March 10, 2017 at 10:57 PM ×

ijin bookmark min kebetulan saya lg belajar java

Reply
avatar
Rex Fox
admin
March 10, 2017 at 11:00 PM ×

Bookmarked gan, bermanfaat buat ane yang baru belajar program

Reply
avatar
March 10, 2017 at 11:31 PM ×

Tenyata mainan java lumayan bikin puyeng ya

Reply
avatar
agus maulana
admin
March 10, 2017 at 11:34 PM ×

Wah nambah ilmu lagi,thanks infonya gan

Reply
avatar
arta guna
admin
March 10, 2017 at 11:55 PM ×

mantafff , ijin coba gan

Reply
avatar
lalang buana
admin
March 11, 2017 at 1:38 AM ×

Waaaahh lumyan... Lumayan rumit. Ngedit html aja kadang belibet....

Reply
avatar
arta guna
admin
March 12, 2017 at 7:44 PM ×

Wadow rumit gan , ijin bookmark buat belajar gan (y)

Reply
avatar
March 15, 2017 at 4:16 AM ×

Thanks gan artikelnya... sangat membantu

Reply
avatar
Thanks for your comment