Cara Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar


cara merawat komputer
Anda punya komputer atau pc di rumah? apakah anda sudah sering membersihkannya? apakah anda ingin pc anda tetap bersih tetapi anda malas untuk membersihkannya. Membersihkan pc itu tidak susah kok, berikut terdapat beberapa cara dan tips untuk membersihkan pc yang baik dan benar.

  1. Gunakanlah stabilizer dan UPS agar tegangan listrik stabil. Tegangan listrik yang tinggi dapat merusak perangkat keras komputer misalnya power supply.
  2. Jangan mematikan komputer  dengan mencabut langsung colokan pada saat komputer sedang beroperasi. Matikan komputer sesuai dengan aturannya yakni klik start- shutdown- lalu tunggu komputer Sampai benar-benar Mati- kemudian Anda bisa mencabut colokan komputer.
  3. Hindari komputer dari sengatan matahari langsung.
  4. Hindari menaruh benda cair dekat dengan komputer.
  5. Hindari benda yang memiliki sifat magnet dekat dengan komputer, karena bisa merusak monitor dan perangkat keras CPU
  6. Bersihkan CPU dan perangkat keras lainnya secara berkala memakai kain halus, kuas cat kecil dan alat penyemprot udara. Misalnya power supply, heatsink, cool fan, RAM, dan motherboard.
  7. Gunakan antivirus lokal dan lakukan scanning secara berkala pada setiap drive komputer, misalnya setiap 1 minggu sekali.
  8. Lakukan pengecekan data secara berkala baik itu menghapus atau membackup data untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas pada setiap Drive komputer. Jika ada drive komputer yang hampir penuh, maka komputer jadi lemot.
  9. Gunakan aplikasi yang hanya diperlukan dalam membantu pekerjaan Anda. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan untuk meringankan beban memori RAM anda.
  10. Agar komputer awet, tidak lemot dan tidak mudah rusak, saya sendiri menggunakan Deep Freeze. Jadi, setelah saya instal semua aplikasi yang saya perlukan, kemudian menjalankan aplikasi Deep Freeze, dan melakukan frozen pada drive C.

Sekian tips untuk membersihkan komputer dengan baik dan benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :) 
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
March 1, 2017 at 5:04 PM ×

yang nomor 2 suka ngga sabaran nunggu matinya, suka langsung cabut, kira kira ngaruh kemana iya gan kalo rusaknya ?

Reply
avatar
Awal Hudaeva
admin
March 1, 2017 at 5:54 PM ×

Wah saya dapet ilmu lagi nih terutama yang nomor 10 ,saya gunakan deep freeze juga ah, thnks infonya gan sangat bermanfaat

Reply
avatar
Reva Alfian
admin
March 1, 2017 at 7:03 PM ×

Mantap gan mungkin biaa ditambah cara caranya gan,untuk perawatan laptop

Reply
avatar
rizal rizhul
admin
March 2, 2017 at 3:20 AM ×

Nice info , jurusan tkj ya

Reply
avatar
March 10, 2017 at 11:30 PM ×

Tp buat pc pribadi deep frezee dikit merepotkan kalo mau install instal

Reply
avatar
Thanks for your comment