Tips Mengambil Foto Pada Saat Minim Cahaya


Tripod, Image Credit : See-ming LeeAnda ingin hasil foto anda maksimal pada malam hari? berikut terdapat beberapa tips menyeting kamera anda agar hasil foto anda pada malam hari sangat bagus. 

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mematikan  ( set OFF ) flash pada kamera anda. Setelah sudah pasti flash off, cari cara agar kamera bisa dalam keadaan stabil ( saya sarankan gunakan tripod ), karena biasanya tidak mungkin dipegang dengan tangan ( hand-held ). Jika darurat anda juga bisa memakai tas atau motor atau tembok atau apa saja yang bisa membuat kamera tetap stabil. 

Jika mengambil foto dengan hand-held atau tanpa tripod, dan menghasilkan gambar yang blur akibat shutter speed yang terlalu lama, maka setting ulang ISO ( dengan cara naikan ISO ) sehingga bisa mendapatkan kecepatan shutter yang lebih pendek untuk mengeliminir blur. 

Ada berbagai adegan yang menjadi pakem dalam fotografi malam, dimana kita bisa membuat panduan untuk masing-masing jenisnya. Berikut adalah setting eksposur yang dapat digunakan sebagai panduan. Dengan setting awal adalah standard pada ISO 100, tentunya panduan ini tidak 100% harus sama persis, sesuaikan dengan kondisi dan kompesasikan jika ingin menggunakan ISO yang berbeda.
  • Fireworks : 1 detik  f/2.8
  • Penerangan Building : 0.5 detik f/2.8
  • Subjek diterangi oleh cahaya api : 0.5 detik f/2.8
  • Adegan jalan dengan yang pencahayaan normal : 0,5 detik  f/2.8
  • Jendela toko : 1/8 detik f/2.8
  • Pemandangan jalan dengan cahaya terang : 1/15 detik f/2.8

White Balance

Satu hal terakhir yang harus diperhatikan adalah warna casts yang timbul, karena berbagai jenis pencahayaan dapat menghasilkan warna yang tidak tepat jika white balance tidak diatur dengan benar. Kamera mengatur white balance ke auto secara default dan sebagian besar hasilnya akan cukup baik dalam menyeimbangkan suhu cahaya dalam sebuah foto. Namun, beralih ke satu preset white balance ke preset yang lainnya dalam beberapa situasi akan menciptakan hasil yang lebih baik. Misalnya, jendela-jendela toko dan pencahayaan bawah tanah biasanya menggunakan pencahayaan neon, sementara penerangan bangunan, lampu jalan dan interior rumah megah akan sering menggunakan tungsten. Untuk mempelajari lebih detail lagi, silahkan klik White Balance 

Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
Dear Diary
admin
March 3, 2017 at 6:05 AM ×

thanks gan,cek blog sy juga gan. photographer pemula :D

Reply
avatar
March 3, 2017 at 6:11 AM ×

tipsnya sangat bermanfaat buat ane yang masih amatir gan :D

Reply
avatar
Home Design
admin
March 3, 2017 at 7:01 AM ×

Mksh om infonya... Jd ngerti skrng,

Reply
avatar
March 3, 2017 at 9:08 AM ×

Bermanfaat bang...Ilmu baru bagi ane

Reply
avatar
March 3, 2017 at 2:12 PM ×

Mantaf infonya gan sangat membntu

Reply
avatar
March 3, 2017 at 9:49 PM ×

terimakasih sangat bermanfaat cara ini,, pusing soalnya kalo ambil foto tapi gelap,

Reply
avatar
Sugi Willy
admin
March 4, 2017 at 12:08 AM ×

terima kasih gan sangat bermanfaat

Reply
avatar
Thanks for your comment