12 Tips Membeli Laptop Baru


Untuk kalian yang ingin membeli laptop baru, saya ada beberapa tips untuk kalian yang mau membeli laptop baru. Silahkan disimak tips - tips untuk membeli laptop baru :


1. Apa pekerjaan anda?
Hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah pilih laptop yang yang mendukung pekerjaan anda. Karena walaupun anda membeli laptop yang canggih dengan harga tinggi, tetapi anda tidak dapat menggoptimalkan kecanggihan laptop tersebut, tetap percuma. Sayang beli laptop dengan spesifikasi tinggi dengan harga tinggi tapi hanya untuk mengetik dan mengerjakan tugas kuliah.

Jadi tentukan dulu apakah laptop yang akan dibeli adalah untuk keperluan mengetik, desain grafis, atau untuk bermain game. Contoh gambaran  beberapa laptop sesuai pekerjaan/profesi anda. 

  • Pekerja/Karyawan/Pembsinis.
Untuk pekerjaan seperti ini, anda memerlukan kinerja laptop yang tidak terlalu berat tetapi ukuran layar nyaman di mata, maka anda memerlukan laptop dengan ukuran layar 14 inchi.
  • Suka bermain game
Untuk orang senang bermain games, anda memerlukan laptop dengan sepsifikasi yang tinggi, dimulai dari processor, VGA Card, dan memori yang tinggi. Berarti para gamers harus membutuhkan laptop dengan harga yang tinggi. Para gamers bagus juga untuk membeli laptop second, karena tidak perlu untuk baterai yang tahan lama.

  • Kegiatan kreatif 
Orang - orang yang menyukai dan memiliki profesi dalam desain grafis, edit foto, animasi, dan ilustrasi juga memerlukan spesifikasi yang tinggi. Ukuran layar agak besar dan nyaman dipandang mata.



2. Spesifikasi laptop
Kebanyakan orang memilih laptop karena bentuk yang tipis, warna cantik dan merk produknya. Meskipun merk produk terkenal, tetapi hardware penyusun laptopnya justru berbeda – beda, makanya harga laptop dengan merk yang sama akan berbeda – beda pula.
Hal – hal yang harus diperhatikan dalam melihat spesifikasi laptop:
kapasitas hardisk, biasa 300 GB atau 500 GB.
prosesor, yaitu AMD atau Intel. Intel juga mempunyai tingkatan, mulai dari Intel atom, Intel Inside, Intel Dual Core, Intel Core Duo, Intel Core I3, Core I5 dan yang terbaru adalah Core I7 dengan kecepatan paling tinggi.
memori, anda memilih RAM (Random Access Memory) yang 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, atau 16 GB? Yang jelas semakin besar RAM semakin cepat kinerja laptop.

VGA card (kartu grafis), kartu grafis untuk mendukung resolusi laptop kita jika tidak mempunyai VGA khusus, mungkin ada Intel HD 3000, Intel HD 4000, tapi jika ingin VGA card tambahan ada misalnya ATI Radeon, NVIDIA yang memiliki tipe dan ukuran yang berbeda - beda.
koneksi, kita membutuhkan banyak koneksi, seperti USB kalau bisa 3 - 4, Bluetooth, LAN, Wifi dan lain - lain.



3. Baterai
Daya tahan baterai sangat perlu kita perhatikan, kita sesuaikan dengan pekerjaan kita. Jika kita lama bekerja dan ingin merawat baterai sehingga tidak memakai aliran listrik saat menggunakan laptop pilihlah baterai yang tinggi mAh, contoh 4000 mAh atau 6000 mAh. Semakin tinggi dayanya semakin lama tahan baterainya. 


Untuk para gamer tidak terlalu dibutuhkan daya tahan baterai, karena game membuat cepat rusak baterai. Biasanya baterai dapat bertahan 4 - 6 jam sesuai program yang dijalankan, tetapi sekarang ini sudah ada baterai yang dapat bertahan 10 -20 jam. Ya tentunya harga laptopnya pun pasti lebih mahal.

4. Ukuran layar
Tentukan ukuran layar yang anda inginkan, jika anda salah beli, maka anda tidak nyaman menggunakannya.

  1. Ukuran layar sesuai kebutuhan dapat diperhatikan sebagai berikut:11-13 inch: digunakan jika sering berpindah - pindah sehingga ringan untuk dijinjing dan untuk pekerjaan menginput data atau mengerjakan tugas.
  2. 13-14 inch: ukuran yang sangat sering dipakai, nyaman untuk segala keperluan dan tidak terlalu berat
  3. 15 inch: digunakan untuk bermain game, desain tetapi bisa dipindah - pindah karena tidak terlalu merepotkan
  4. 17 inch: ini adalah ukuran besar digunakan untuk bermain game, desain grafis, edit foto atau video. Susah untuk dipindah - pindah karena ukurannya besar dan bobot yang berat.


tips membeli laptop baru

5. Jarak antara Tombol Keyboard
Tombol keyboard didesain untuk memberikan kenyamanan saat mengetik. Jadi silahkan coba untuk mengetik, dan pilih yang sesuai dan nyaman dengan jari Anda.

6. Merek
Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa laptop dari merek terkenal akan memberikan kualitas baik. Tetapi, ada juga merek yang tidak terkenal memberikan spesifikasi tinggi dengan harga rendah agar laris di pasar.
Jadi pintar – pintarlah memilih laptop, panduannya adalah merek yang terkenal sudah pasti lebih mahal meski pun spesifikasinya sama dengan yang kurang terkenal, tetapi kualitasnya lebih terjamin.

7. Sistem Operasi
Ada 3 Sistem Operasi pada laptop, yaitu Windows, Linux dan Macitosh . windows yang paling umum digunakan, tetapi Windows pun punya tingkatan mulai dari XP, Vista, 7, 8 dan windows yang terbaru adalah Windows 10. Pendukung dari OS ini adalah kapasitas yang terdapat pada RAM.

8. Bobot Laptop
Pilihlah laptop yang ringan agar mudah dipindah - pindah dan anda tidak merasa dibebani. Ada laptop dengan gaya Slim yang ringan dan spesifikasi tinggi, tetapi harga mahal. Tidak masalah harga mahal asalkan uang dikantong mencukupi, pada akhirnya anda akan nyaman menggunakannya.

9. Hibrid dan Touchscreen
Laptop dengan keluaran terbaru sejak keluar OS Windows 8, yang memiliki bentuk yang bisa diubah -  ubah, bisa direntang hingga 180 derajat atau keyboard dilepas dan layar sentuh persis seperti tablet. Harga laptop hibrid sangat tinggi dibandingkan dengan laptop biasa.

10. Jumlah Uang
Jumlah uang sangat menentukan kualitas, model laptop, spesifikasinya. Jadi pilihlah laptop yang sesuai dengan besar uang Anda tetapi maksimal untuk pekerjaaan Anda. Jika standar laptop yang Anda inginkan tidak terpenuhi silahkan menabung lagi, asalkan kemudian jangan menyesal.

11. Beli dari Dealer Resmi
Beli laptop dari dealer resmi merek tertentu agar mutu terjamin dan tanggungjawab pembelian terjamin.

12. Garansi
Beli laptop yang mempunyai garansi minimal 1 tahun, untuk mencegah kerusakan dini, atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang diberikan sehingga bisa diperbaiki atau diganti dalam rentang waktu garansi tersebut.

Berikut beberapa tips untuk membeli laptop dari saya dan semoga bermanfaat










Previous
Next Post »
Thanks for your comment