Cara Belajar Bahasa Pemrograman Dengan Asyik


Kadang belajar pemrograman Java lewat buku saja membuat rasa kantuk datang. Dengan bahasa buku yang terlalu kaku menjadi sulit dipahami. Apalagi salah satu kesulitan dalam belajar pemrograman Java adalah susah memahami class yang berisi banyak prosedural. Belajar pemrograman Java juga tidak mungkin tanpa menggunakan IDE.
Java memiliki kekakuan, karena sintaks verbose tidak dapat dipersingkat dengan mudah. Fleksibilitas dan pemeliharaan kadang harus dikorbankan untuk struktur dan konsistensi coding. Bagi pembaca yang belum merasakan pemrograman berorientasi objek akan menjadi kendala dalam belajar bahasa pemrograman ini. Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara asyik belajar pemrograman Java berikut:

1. Belajar via online

compile-online-java
Asyiknya belajar dengan cara ini, pembaca tidak perlu menginstall IDE[1]. Langsung coding dan compile, pembaca sudah bisa melihat hasilnya. Dilengkapi dengan tutorial yang interaktif, pembaca akan lebih mudah untuk memahami class dalam Java. Pembaca tinggal memilih chapter, dan mengikuti intruksinya. Ini dia penyedianya tutorialspoint dan learn java online.

2. Belajar by doing

programming-by-doing
Jika pembaca pernah mencoba untuk melatih skill pemrograman Java secara otodidak dan belum merasakan tantangan didalamnya. Pembaca bisa memecahkan tantangan asyik yang diberikan oleh situs programmingbydoing. Lebih dari 2000 sekolah sudah mencoba tantangan ini. Dengan gaya problem solving, pembaca bisa menguji skill yang sedang dikuasai.

3. Belajar via video

new-boston-java-video
Dengan belajar lewat konten video akan lebih asyik dan mudah diserap karena dijelaskan dengan memuat banyak unsur multimedia. Dibandingkan belajar lewat buku yang menampilkan teks dan gambar saja bisa memakan waktu yang banyak untuk memahaminya. Apalagi kadang pembaca sibuk dan banyak hal yang harus dikerjakan. Pembaca bisa menikmati jutaan video mengenai pemrograman Java pada situs youtube, vimeo dan lain-lain. Dan salah satu channel video tutorial pemrograman Java paling dikenal adalah NewBoston.

4. Kursus Online

kursus-online
Pembaca kadang tidak paham mengenai penjelasan di buku pemrograman Java, apalagi sintaks yang relatif sulit dipahami. Hal ini bisa diatasi dengan mengikuti kursus online mengenai pemrograman Java. Dengan kursus online, pembaca bisa langsung bertanya pada lecture dan berdiskusi dengan peserta lain. Salah situs penyedia kursus online pemrograman Java adalah Udemy. Lebih dari 47,000 peserta mengikuti kursus ini. Selain Udemy, kursus online yang lain adalah eLearning Rakyat yang digagas oleh Pak Onno W. Purbo. Di situs tersebut juga terdapat kursus online pemrograman Java.

5. Belajar dengan animasi

greenfoot
Yang lebih asyik lagi adalah belajar pemrograman Java dengan animasi. Situs Greenfoot menyediakan animasi untuk belajar pemrograman Java. Didalamnya terdapat coding yang dipasangkan dengan animasi agar program lebih mudah dipahami. Pembaca juga bisa berdiskusi, sharing dan berhubungan langsung dengan komunitas antara pengguna, dari peserta maupun guru. Model animasinya didesain agar pemrograman jadi lebih mudah dengan animasi dua dimensi. Pembaca bisa mengunduh animasinya untuk sistem operasi Linux, Mac dan Windows.

6. Belajar bareng teman

bt-indones-teman
Saat mendengarkan penjelasan guru atau dosen kadang malu bertanya, padahal masih bingung mengenai materi pemrograman Java. Di dalam kelas pasti ada yang jago coding Java, jika anda menemuinya maka ajaklah teman anda tersebut agar belajar bersama. Biasanya dia menolak diajak belajar bareng. Kalau mendapat kondisi tersebut, bawalah sesuatu yang dia sukai. Misalkan dia suka martabak manis. Bawalah dua atau tiga bungkus martabak manis dan ajak lagi, kemungkinan besar pasti diterima. Pembaca bisa belajar dan leluasa bertanya tentang soal pemrograman java seharian penuh bareng teman. Coding sambil ngopi bareng teman, asyik bukan.

7. Belajar bareng komunitas

bt-indones-komunitas
Komunitas ada yang online juga ada yang offline. Kalau yang online, pembaca bisa temukan komunitas pemrograman Java di KaskusGrup Facebook dan forum lain. Sedangkan yang komunitas offline, pembaca bisa gabung grup pemrograman Java di wilayah sekitar pembaca. Dengan belajar bareng, pembaca akan mendapat resource lebih mengenai pemrograman Java. Selain itu juga bisa mendapat pekerjaan terkait pemrograman Java. Asyik bukan, sudah dapat materi, dapat kerjaan lagi.

Demikian cara asyik untuk belajar bahasa pemrograman Java dan semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman Java. Tetap semangat!
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
February 18, 2017 at 2:18 AM ×

Sangat bermanfaat ..

Reply
avatar
Dandy
admin
February 18, 2017 at 2:51 AM ×

terima kasih gan, sangat bermanfaat

Reply
avatar
Candra DP
admin
February 18, 2017 at 5:01 PM ×

1 lagi gan, kuliah teknik informatika, sistem informasi, atau teknik komputer :)

Reply
avatar
JuniorStu
admin
February 18, 2017 at 6:17 PM ×

;3 Kalau JAVA ngga pakai IDE bisa dicompile ngga ?

Reply
avatar
Unknown
admin
February 19, 2017 at 8:06 PM ×

thanks gan ane jadi paham nih sekarang :D

Reply
avatar
Thanks for your comment